Wednesday, January 18, 2017

Kampung Adat Tarung di Tengah Kota Waikabubak

Di tengah kota Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur masih terdapat kampung adat dengan nama kampung Tarung. 

Kamu bisa mencapai Waikabubak dengan perjalanan darat sekitar dua jam dari bandara Tambolaka. Saat itu kami menginap di hotel Manandang, di kota Waikabubak. Ini mungkin hotel terbaik di kota ini. Dengan jalan kaki dari hotel ini bisa juga menyambangi kampung adat Tarung. 

Ada kurang lebih sekitar 100an rumah ada di kampung ini, dengan Merapu sebagai kepercayaan penduduknya. Sebuah sumber mengatakan, bahwa bila ada penduduk Tarung yang menganut agama lain maka harus pindah dari kampung Tarung. 

Bangunan di sini biasanya ada tiga tingkat. Tingkat pertama untuk kandang hewan ternak, tingkat kedua sebagai tempat tinggal penghuni rumah, dan tingkat ketiga sebagai tempat menyimpan hasil bumi. 

Bagi penduduk yang tergolong mampu biasanya ada hiasan tanduk kerbau yang dipajang di depan rumah. 

Yup, itu catatan perjalanan kami pada Desember 2016 ke Waikabubak. 













---
Teks dan foto oleh Chandra
Rabiul Akhir 1438 H

2 comments:

  1. zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete
  2. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini šŸ­Pesugihan Putih Tanpa TumbalšŸ­

    ReplyDelete



IP