Friday, July 1, 2016

Nonton Lompat Batu di Nias Selatan

Lompat batu di Nias atau dikenal dengan istilah fahombo atau hombo batu merupakan ciri khas yang paling menonjol dari Nias. Ini sesuatu yang ikonik banget dari Nias. 

Berlokasi di desa Bawamataluo, Kabupaten Teluk Dalam Nias. Tidak dibilang lengkap kalau berkunjung ke Nias tetapi belum mampir ke desa ini. 

Desa tempat lompat batu ini berada di ketinggian. Untuk mencapainya harus dengan menyewa kendaraan. Setelah melewati jalan menanjak dan berliku sampai juga tim Jam Kumpul di desa ini. 

Menapaki anak tangga yang cukup banyak akhirnya sampai pada perkampungan tempat lompat batu. Rumah di sini bermodel gaya Nias dengan bahan kayu. Atapnya sudah dimodifikasi dengan bahan seng, ijuk dan ada juga yang genteng metal. Tapi masih menyisakan gaya tradisional Nias. Di bagian tengah kampung, ada rumah besar dengan dengan pilar-pilar dari batu besar. Mungkin semacam balai desa. Di dalamnya terdapat ruang yang lumayan besar semacam aula. Di depan balai desa ini terdapat perkakas yang terbuat dari batu besar. 

Menarik sekali kalo berkunjung ke sini. Bisa melihat jejak kebudayaan megalitikum. Sayangnya, anak-anak muda di sini sangat antusias menawarkan bantuan ke pelancong untuk mengambil gambar/foto. Tentu tidak gratis. Jadi bagi saya, agak kurang nyaman, karena dibuntutin terus. 

Well, apa pun itu, semoga dakwah Islam bisa sampai ke sini. Amiin.    

















---
Teks dan foto oleh Chandra
Hari terakhir sebelum libur lebaran
Ramadhan 1437 H
Percetakan Negara 29


No comments:

Post a Comment



IP