Thursday, November 1, 2012

Ayo Jaga Pantai Kuta Bali

Hari Kamis tanggal 1 November 2012, selepas Subuh sempat jalan-jalan pagi ke Pantai Kuta Bali. Suasana saat itu memang masih sepi tidak seramai waktu siang. 

Masuk lewat Gerbang Utama Pantai Kuta, terbentang hamparan pasir putih yang membuat turis domestik dan juga mancanegara terkagum-kagum. Yup, pantas saja pantai ini menjadi incaran dan masuk dalam daftar kunjungan para wisatawan. 

Sisa-sisa keriuhan malam di Pantai Kuta masih berbekas. Berupa sampah berserakan. Memang mengganggu sekali dan menodai keindahan pantai yang menjadi buruan orang untuk melihat sunset-nya. Duh, amat disayangkan memang.

Untungnya, pagi itu seorang petugas dengan kendaraan khususnya tampak mondar-mandir membersihkan pantai ini. Dengan menyetir kendaraan semacam traktor, dia bolak-balik menyisir Pantai Kuta, membersihkan pantai dari macam-macam sampah dan membuat alur-alur jejak lurus di pantai agar pantai terlihat indah. Sebuah usaha yang sangat mulia.

Lepas dari itu, pemerintah setempat juga telah menyediakan tempat sampah yang terpilah, ada tempat sampah untuk sampah non organik dan organik. Di atasnya terdapat himbauan untuk menjadikan wilayah ini menjadi hijau, bersih, dan berbunga. 

Upaya ini semua dilakukan untuk membuat Pantai Kuta menjadi pantai yang bersih dan nyaman. Ayo hormati pantai kami.

Sebuah traktor khusus sedang membersihkan sampah sisa keriuhan malam di Pantai Kuta Bali pada pagi hari selepas Subuh 1 November 2012
Kendaraan khusus membersihkan sampah di Pantai Kuta Bali pada pagi hari. Selain membersihkan sampah, traktor ini juga membuat alur-alur garis di pasir pantai


Tempat sampah yang memilah sampah organik dan anorganik di Pantai Kuta Bali
Ayo hormati pantai kami
 


---
Teks dan foto oleh: Chandraleka
Hotel Inna Kuta Beach, Bali
1 November 2012
(I remember Maryam!)

1 comment:

  1. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
    http://zapplerepair.com/perbedaan-antara-lcd-iPhone-original-sama-iPhone-lcd-ori-kaca-palsu.html

    ReplyDelete



IP